Kamus Besar Bahasa Indonesia Klik di sini untuk Pencarian Kosa Kata

KKKS Tiga Kecamatan Mengikuti Pelatihan PK Guru dan PK Kepala Sekolah.

UPTD Pendidikan website | 23.41 | 0 komentar

UPTD Ngambon :

Selama dua hari semua kepala SD tiga kecamatan jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro mengikuti pendidikan dan pelatihan Penilaian Kinerja Guru dan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah mulai hari Senin, 19 November 2012 sampai dengan Selasa, 20 November 2012 yang bertempat di SDN Ngambon 1 Kecamatan Ngambon. Tiga kecamatan tersebut adalah Kecamatan Ngambon, Kecamatan Ngasem, dan Kecamatan Tambakrejo. Kegiatan ini diadakan oleh KKKS tiga kecamatan tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Ismukoco, M.Pd sebagai narasumber, Kepala UPTD, pengawas TK/SD, Kepala SD dari masing-masing kecamatan.

Dalam sambutannya Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Ngambon, yang juga mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, antara lain menyampaikan bahwa Profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan Penilaian Kinerja Guru yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.

Kepala Sekolah sebagai penilai kinerja Guru dan Pengawas Sekolah sebagai penilai kinerja Kepala Sekolah yang merupakan Guru yang mendapat tugas tambahan. Dengan demikian Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah serta Guru harus memahami prosedur pelaksanaan penilaian kinerja Guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Untuk memfasilitasi pemahaman Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan (Badan PSDMP dan PMP) melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan tahun anggaran 2012 memberikan Dana Bantuan Langsung (DBL) kepada Kelompok Kerja Kepala Sekolah untuk melakukan pelatihan Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.


Sedangkan Ketua Panitia Pelatihan PK Guru dan PK Kepala Sekolah, Suparno, S,Pd. yang juga Kepala SDN Ngambon 1, dalam laporannya memaparkan bahwa :
1. Tujuan Umum diadakan pelatihan :

Program ini bertujuan untuk memfasilitasi upaya peningkatan profesionalitas kepala sekolah melalui pemberdayaan Kelompok Kerja Kepala Sekolah di dalam melaksanakan kegiatan penilaian kinerja guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

2. Tujuan Khusus
Kepala sekolah diharapkan dapat:
a. memahami berbagai peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalitas guru;
b. memahami dokumen, mekanisme dan prosedur penilaian kinerja guru ;
c. memahami dokumen, mekanisme dan prosedur pengembangan keprofesian berkelanjutan :
d. dapat mengamati kinerja guru dan berdasarkan hasil pengamatannya dapat memberikan rekomendasi/saran perencanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan;
e. dapat mendesiminasikan pemahaman tentang mekanisme dan prosedur penilaian kinerja guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan kepada calon penilai kinerja guru.
f.  dapat mengimplementasikan kegiatan penilaian kinerja guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan di sekolah

1. Struktur Program Pelatihan
Mata Diklat
1.  Program Umum:
Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru: PK Guru, PKB, Program Induksi Bagi Guru Pemula (PIGP), Pendidikan Berkerakter

2.  Program Pokok
a. Penilaian Kinerja Guru (PK Guru):
1) Overview PK Guru
2) Mekanisme PK Guru, Latihan dan Tugas-tugas Mandiri
3) Overview PK Guru yang mendapat tugas tambahan,
4) Latihan dan Tugas-tugas Mandiri

b. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB):
1) Overview PKB dan Pengelolaan PKB
2) Latihan dan Tugas Mandiri PKB

c. Overview Program Induksi Bagi Guru Pemula

3.  Program Penunjang
a. PK Guru on line
b. Rencana Tindak lanjut Pelaksanaan PK Guru dan PKB di sekolah.

2. Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan adalah anggota Kelompok Kerja Kepala Sekolah tiga kecamatan, yakni Kecamatan Ngambon, Kecamatan Ngasem, dan Kecamatan Tambakrejo.
Jumlah peserta :
Kecamatan Ngambon : 10 Kepala SD
Kecamatan Ngasem : 40 Kepala SD
Kecamatan Tambakrejo : 40 Kepala SD

3. Narasumber
Nara sumber pelatihan terdiri dari unsur Dinas Pendidikan, Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jatim

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar