Seluruh Pimpinan dan Staff UPT Pendidikan Wilayah II, Kecamatan Ngambon, Tambakrejo, dan Ngasem, Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 2018, 1 Muharram Tahun 1440 Hijriyah, dengan datangnya Tahun baru Islam kita songsong dengan saling memaafkan segala kesalahan selama satu tahun ke belakang. Mohon maaf

Pelaksanaan Visitasi Akreditasi Sekolah Dasar di Kecamatan Ngambon Tahun 2018

UPTD Pendidikan Ngambon | 18.02 | 1 komentar

UPT Pendidikan Ngambon :


Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional. Sekolah/madrasah adalah bentuk satuan pendidikan formal sebagaimana dinyatakan pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal 1 ayat (22)

Tahun 2018 tepatnya pada akhir bulan Oktober sampai dengan awal November 2018, di jajaran UPT Pendidikan Wilayah II Kecamatan Ngambon ada dua sekolah dasar yang dikunjungi asesor BAN S/M untuk dilakukan visitasi akreditasi, yakni SDN Bondol II, pada hari Rabu, 31 Oktober, dan SDN Nglampin II, divisitasi pada hari Kamis, 1 November 2018.

Tim Asesor dari BAN SM yang bertugas melaksanakan visitasi pada kedua sekolah tersebut adalah Bapak Moh. Darum dan Bapak Jupriyanto, keduanya berasal dari Kabupaten Tuban. Dalam melaksanakan tugas dari BAN S/M tersebut kedua asesor berdasarkan surat tugas dengan Nomor 132/BANSM.35/ST/X/2018  tanggal 22 September 2018.

Saat asesor datang di Kecamatan Ngambon disambut dan didampingi oleh penulis, menuju ke Kantor UPT Pendidikan Wilayah II Kecamatan Ngambon, untuk mengisi buku tamu, dan memperoleh sketsa gambaran lokasi kedua SD sasaran, baru kemudian menuju ke SDN Bondol II yang berjarak 2 km dari Kantor UPT Ngambon.

Kedatangan tim Asesor di SDN Bondol II disambut oleh semua warga sekolah, mulai Kepala Sekolah, Guru-guru, Karyawan dan para peseta didik dengan berjabat tangan secara bergilir, dan langsung menuju ke ruang visitasi dikuti oleh para guru untuk mengadakan pertemuan awal. Dalam pertemuan awal tersebut diawali sambutan dari pengawas pembina/ penulis mewakili kepala UPT Pendidikan Wilayah II, dilanjutkan dengan sambutan kepala Sekolah Dasar Negeri Bondol II, Nurul Amanah, dengan menyampaikan profil sekolah jumlah dan nama-nama guru dan karyawan jumlah peserta didik, kemudian dilanjutkan sambutan dari Tim Asesor yang diwakili oleh Bapak Muhamad Darum.


Pada hari Kamis, 31 November 2018 merupakan hari kedua visitasi akreditasi di SDN Nglampin II, di Dusun Tambran, dan merupakan salah satu SD terpencil dan SD terjauh di Kecamatan Ngambon yang berjarak lebih kurang 13 km dari Kantor UPT Ngambon ke arah selatan. Dalam pelaksanaan visitasi ke SDN Nglampin II Tim Asesor di jemput oleh dua orang utusan atau petugas dari sekolah dengan bersepeda motor, karena dari UPT untuk menuju ke SD sasaran tidak bisa ditempuh dengan mobil. Dengan dibonceng oleh petugas penjemput menuju ke SD Tambran yang di kawal oleh penulis, melalui Dusun Mundu, dan Dusun Gondang Desa Nglampin, dengan medan jalan yang sangat berat saat memasuki Dusun Gondang karena medan jalan naik dan menurun tajam berbatu sehingga harus berhati-hati.

Sesaat sampai di Dusun Gondang, Tim Asesor sempat singgah sejenak di SDN Nglampin V, sambil melihat-lihat SD Nglampin V yang merupakan salah satu SD yang berlokasi terpencil yang juga merupakan SD kecil yang memiliki jumlah siswa 17 peserta didik mulau kelas 1 sampai dengan kelas VI, yang salah satu gurunya Siti Rahayu berasal dari Desa Banjaragung Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban, yang merupakan tetangga dari salah satu Tim Asesor yaitu Bapak Muhamad Darum yang berasal dari dari Desa Banjararum Kecamatan Rengel Tuban.

Melanjutkan perjalanan ke SD Nglampin II setelah melewati Dusun Gondang, maka masih akan melalui medan jalan yang ekstrim yaitu jalan setapak yang merupakan jalan tanah liat yang berdebu jika musim kemarau dan becek jika pada musim penghujan, dalam perjalanan ini Tim Asesor sempat mengabadikan perjalanan berbonceng sepeda dengan merekan menggunakan video android perjalanan melalui jalan naik tajam berdebu dan turunan pada rute jalan tersebut serta jalan berpaving yang beberapa meter belum terpasang.

Alhamdulillah akhirnya Tim Asesor dengan masih membayangkan jalan berat yang dilalui sampailah di lokasi SD sasaran SDN Nglampin II, dengan disambut oleh Kepala Sekolah, para guru dan penjaga SD, Tim Asesor menuju ruang Kantor Kepala Sekolah sambil menceritakan suka duka perjalanan mulai dari Kantor UPT menuju Tambran, “saya tidak bisa membayangkan apa yang terjadi seandainya saat di jalan turunan yang sangat tajam dan berbatu tadi terjatuh” Kata Bapak Jupriyanto slah satu Tim Asesor, sambil tertawa.

Pada temu awal visitasi akreditasi di SDN Nglampin II, diawali sambutan oleh penulis sebagai pengawas pembina dengan menyampaikan ucapan selamat datang di SD terjauh di Kecamatan Ngambon, dan menceritakan suka duka perjalanan yang pernah di lalui penulis menuju SD terpencil ini, bahwa untuk menuju ke SDN nglampin II, ada akses jalan alternatif utama yaitu melalui Kecamatan Sekar yang mana jika di tempauh dari Kantor UPT Pendidikan Ngambon sejauh 38 km dengan waktu tempuh kira-kira 1,5 jam, sedangkan jika ditempuh dengan jalur terdekat yang
sudah dilalui tadi dapat ditempuh dengan waktu tempuh kira-kira 40 menit. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala SDN Nglampin II, Sri Rusminingsih, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan memaparkan profil SDN Nglampin II, mulai dari jumlah guru dan karyawan, menyebutkan nama-nama guru, karyawan, jumlah siswa masing-masing kelas, dan sejumlah sarana prasarana yang ada. Sambutan dilanjutkan oleh tim asesor dengan menyampaikan tentang tujuan visitasi serta cara kerja Tim Asesor dan data-data dokumen yang diminta, dan diakhiri dengan refleksi atau evaluasi oleh Tim Asesor, dengan menyampaikan beberapa temuan yang perlu untuk segera dibenahi atau dilengkapi.

Setelah diadakan pemeriksaan atau pencocokan data dokumen Dari pelaksanaan visitasi akreditasi di kedua SD tersebut semuanya berjalan lancar dan kondusif, sehingga diharapkan dari hasil akreditasi tersebut kedua SD tersebut mendapatkan nilai atau peringkat akreditasi minimal baik. (Masruhin)


Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

1 komentar:

  1. 👍👍👍

    Ternyata ada juga sd kecil selain sd malingmati 3. Tetapi jumlah siswa di SD nglampin 5 lebih banyak daripada di sdn malingmati 3

    BalasHapus